Artikel SEO: Pengertian, Konten dan Artikel SEO Friendly? Serta Tips Cara Membuat, Menulis, serta Pentingnnya SEO !
AWDEV Digital MARKETING Indonesia
Gambaran dari Pengertian Artikel SEO Apa Itu Konten Dan Artikel SEO Friendly Apa Saja Tips Cara Membuat Menulis Serta Kenapa Itu Penting.
Mengenal Pengertian dari Artikel SEO, Apa itu Konten dan Artikel SEO-Friendly? Apa Saja Tips Cara Membuat, Menulis, serta Kenapa itu Penting.
Untuk sebuah situs website agar dapat mendapatkan pengunjung, pengguna, atau yang sering dirujuk dengan istilah traffic (lalu lintas pengunjung web), maka pastinya web tersebut harus disesuaikan dengan search engine atau mesin pencari yang menggunakan peringkat prioritas untuk kata kunci yang relevan.
Benar, sehingga orang yang menggunakan mesin pencari menemukan situs web Anda dalam hasil pertama dan mengklik halaman situs untuk melihat informasi yang ada di dalamnya.
Untuk membantu mesin pencari memahami subjek setiap halaman di situs web, tentunya informasi atau konten yang ada di dalamnya perlu dioptimalkan.
Perlu juga kalian ketahui bahwa dalam jargon industri web, ini disebut sebagai strategi konten yang ramah SEO atau friendly.
Sebuah situs web akan dianalisis dan diprioritaskan oleh algoritma mesin pencari jika menyajikan konten yang jelas, relevan, dan menarik.
Betul! Yang Kami maksud dengan konten adalah semua teks umum di situs web, termasuk salah satunya yaitu artikel blog, yang dapat berguna untuk menarik pengunjung.
Berkaitan dengan hal tersebut, dalam postingan kali ini Kami akan membahas apa itu pengertian artikel SEO secara lebih detail dan lengkap sebagai berikut.
Pengertian Artikel SEO
Artikel SEO adalah jenis bagian konten yang berguna, dan sebagian besar informasi di dalamnya yang dirancang di sekitar sejumlah kata kunci yang terkait dengan satu topik.
Agar lebih memahami pengertian dan artinya, kita dapat merujuk pada contoh seperti seorang penjual sepatu mungkin ingin artikel SEO ditulis untuk rangkaian produk mereka.
Untuk itu, keyword atau kata kunci yang terkait dengan bisnis akan disertakan dalam semua konten situs web mereka, termasuk artikel dan deskripsi produk.
Ini mencakup istilah yang digunakan sebagian besar pelanggan saat menelusuri item mereka, seperti sepatu formal, sepatu hak tinggi, stiletto, pelatih, pelari, sandal, dan lain sebagainya.
Benar! Istilah SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization, di mana artikel yang mengadopsi langkah-langkah optimasi yang tepat lebih mungkin untuk diajukan oleh Google, Bing dan alat lain dari jenis ini.
Apa itu Konten SEO?
Ilustrasi Gambar Apa Itu Konten SEO Content Dan Artikel SEO Friendly Dalam Membahas Pengertian Dan Artinya
Ilustrasi Gambar Apa Itu Konten SEO Content Dan Artikel SEO Friendly Dalam Membahas Pengertian Dan Artinya
Jadi, apa itu yang dimaksud dengan konten SEO?
Untuk memahami apa yang dimaksud pemasar dengan konten SEO, akan sangat membantu jika Anda memecah frasa menjadi bagian-bagian komponennya.
Kata “SEO” mengacu pada optimasi mesin pencari, atau proses mengoptimalkan situs web sehingga orang dapat dengan mudah menemukannya melalui mesin pencari seperti Google.
Lalu, yang Kami maksud dengan “konten” yang dikenal dengan istilah SEO content di sini adalah informasi apa pun yang ada di web dan dapat dikonsumsi di web (lebih lanjut tentang berbagai jenis konten di bawah).
Baca juga
✎ 13 Portal Berita Terbaik di Indonesia
✎ Cara Investasi Crypto di Pintu Dengan Aman dan Mudah
✎ Cara Membuat Acara Online Berbayar Halaman Facebook Awdev Global Network
✎ Digital Marketing Global Network AWDEV
✎ Cara Mendapatkan Sponsor untuk Sebuah Proyek dan Acara : Panduan Lengkap AWDEV - Bussines
Jadi, gabungan dari ke-2 (dua) konsep konten SEO adalah konten apa pun yang dibuat dengan tujuan menarik lalu lintas mesin pencari.
Secara singkat, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membuat SEO konten web Anda, yakni:
Research keyword atau riset kata kunci; Jika Anda ingin menghasilkan lalu lintas melalui pencarian, sebaiknya lakukan riset kata kunci sebelum Anda mulai menulis. Dengan cara ini, Anda dapat fokus pada kata kunci yang volume pencariannya sudah ada, dengan kata lain, menulis topik (atau menemukan niche keyword) yang sudah dicari informasinya oleh orang-orang.
Keyword optimization atau optimasi kata kunci; Ketahui juga di mana dan bagaimana menggunakan kata kunci dalam konten Anda untuk kemampuan pencarian maksimum atau maksimal.
Content organization atau organisasi konten; Konten di situs Anda harus diatur dengan cara yang logis. Ini tidak hanya bagus untuk SEO, tetapi juga membantu pengunjung di situs Anda menemukan konten terkait lainnya dengan mudah.
Content promotion atau promosi konten; Tingkatkan visibilitas ke konten baru yang Anda buat dengan membagikannya di jejaring sosial dan membangun tautan ke konten Anda (baik secara internal maupun dari situs eksternal).
Selebihnya, konten SEO dapat mencakup salah satu dari yang berikut:
Halaman produk; Ini adalah roti dan mentega dari setiap situs e-commerce ritel. Halaman produk yang baik dapat berfungsi sebagai konten SEO dan halaman arahan Pay Per Click (PPC).
Postingan blog; Blog adalah salah satu cara termudah untuk membuat aliran reguler konten SEO yang efektif. Secara umum, posting blog lebih menarik dan lebih cenderung menarik tautan daripada halaman produk, jadi itu bisa menjadi cara yang bagus untuk membangun otoritas untuk situs Anda. (Perlu diingat bahwa blog sangat fleksibel, dan Anda dapat menggunakannya untuk meng-host salah satu jenis konten di bawah ini dalam daftar ini.)
Artikel; Pikirkan artikel berita, wawancara, atau fitur. Ini adalah jenis konten utama yang akan Anda temukan di sebagian besar situs web bergaya surat kabar atau majalah.
Panduan atau tutorial; Panduan atau tutorial adalah konten yang lebih panjang yang menjelaskan secara rinci bagaimana melakukan sesuatu. (Panduan sering dipecah menjadi beberapa halaman web, meskipun itu praktik terbaik untuk memungkinkan pengguna melihat konten yang panjang sebagai satu halaman jika mereka mau.) Anda dapat memposting panduan lengkap di situs web Anda, atau Anda dapat memposting ringkasan atau kutipan , mengharuskan pengunjung untuk mengisi formulir pendaftaran untuk membaca panduan lengkap. Ini bisa menjadi cara yang baik untuk menghasilkan prospek, tetapi perlu diingat bahwa memasang dinding pendaftaran kemungkinan akan mengurangi jumlah lalu lintas SEO yang dapat Anda arahkan ke panduan itu.
Video; Secara umum ada lebih sedikit video di web daripada halaman teks, sehingga, akan lebih mudah untuk menentukan peringkat di halaman pertama untuk kata kunci yang kompetitif dengan membuat video daripada artikel. Bergantung pada jenis situs atau bisnis apa yang Anda jalankan, video bisa menjadi cara yang bagus untuk menarik dan menjangkau pemirsa. Pertimbangkan untuk membuat video tutorial tentang cara menggunakan produk Anda. Atau ilustrasikan proses yang terkait dengan bisnis Anda.
Infografis; Infografis, atau gambar format besar yang berisi banyak data (seringkali dalam bentuk grafik atau bagan) pada satu subjek, dapat mengumpulkan banyak tampilan halaman dan tautan. Namun, karena begitu banyak konten yang disematkan dalam gambar dan oleh karena itu tidak dapat dibaca sebagai teks oleh mesin telusur, penting untuk mengoptimalkan sisa halaman dengan hati-hati.
Slideshows; Slideshow adalah cara untuk menampilkan serangkaian gambar terkait. Terkadang gambar lebih penting daripada teks, katakanlah Anda mencoba menunjukkan apa yang dikenakan semuanya di suatu tempat. Di sini sekali lagi, SEO untuk judul, keterangan, nama file gambar, dan lain-lain penting karena lebih sedikit yang bisa “dibaca” oleh mesin telusur.
Glosarium; Menurut Rifqi Mulyawan, dewasa kini lebih banyak orang menggunakan Google untuk mencari istilah daripada menggunakan kamus. (Apakah Anda tahu di mana kamus Anda?) Jika Anda bekerja di industri khusus, glosarium yang dibuat dengan baik dapat menjadi cara yang baik untuk menangkap beberapa lalu lintas pencarian. Pikirkan istilah memasak, istilah medis, istilah mode, istilah arsitektur, dan lain sebagainya.
Direktori; Direktori adalah taksonomi yang berguna dari tautan ke situs atau sumber daya di sekitar topik tertentu. Sebagai contoh misalnya, blog undangan website dapat membuat direktori tempat untuk membeli undangan cetak, dari department store besar hingga toko independen di seluruh negeri.
Ya! Seperti yang kalian lihat, ini hanyalah beberapa jenis dasar konten SEO, tetapi jangan biarkan daftar ini membatasi Anda, di mana pastinya kemungkinannya adalah hampir tidak terbatas!
Apa itu Artikel SEO Friendly?
Kemudian, apa itu yang dimaksud dengan SEO-friendly article atau artikel yang SEO-friendly.
Secara pengertian, maksud dari kata artikel SEO friendly adalah sama dengan apa yang sudah Kami sebutkan di atas, namun kata friendly yang berarti ramah di sini lebih mengarah kepada praktik membuatnya.
Artikel SEO ditulis terutama untuk meningkatkan visibilitas di Google bagi bisnis Anda untuk kata kunci penting.
Ada aturan tertentu yang harus diadopsi saat menulis konten SEO yang dapat membantu meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan peringkat yang lebih baik (akan kita bahas dalam subbagian tips cara membuat dan menulisnya).
Namun, banyak juga saran tentang menulis artikel SEO yang kontradiktif atau tidak terbukti.
Yup! Google cukup pintar, jadi hal terbaik yang harus dilakukan adalah fokus membuat konten Anda serelevan mungkin dengan target pasar Anda.
Tips Cara Membuat dan Menulis Artikel SEO
Contoh Kiat Tips Dan Cara Membuat Memasukkan Menulis Artikel Yang Ramah Mesin Pencari Atau SEO Friendly Serta Pentingnya
Ilustrasi Gambar Contoh Kiat Tips Dan Cara Membuat Memasukkan Menulis Artikel Yang Ramah Mesin Pencari Atau SEO Friendly Serta Pentingnya
Oke, setelah mengetahui pengertian berdasarkan pembahasannya di atas, jadi apa saja kiat, tips, dan cara kita untuk membuat, khususnya menulis konten atau artikel yang SEO friendly?
Lihat Contoh Disitus Pada Image ini
Untuk menulis artikel yang SEO-friendly, pertama-tama saran Kami adalah Anda sudah mempunyai subjek harus jelas, selebihnya, cukup kalian ikuti langkah di bawah ini.
1. Riset dan Gunakan Keyword atau Kata Kunci yang Tepat
Langkah pertama yaitu dengan melakukan riset dan menggunakan keyword atau kata kunci yang tepat.
Saat menulis artikel SEO, tempat untuk memulai adalah dengan beberapa penelitian kata kunci yang layak.
Cari tahu frasa dan kueri penelusuran apa yang digunakan orang di Google dan catat berapa kali ini digunakan setiap bulannya.
Yup! Ini memungkinkan Anda mengetahui seberapa kompetitif kata kunci.
Kata kunci dengan ratusan atau ribuan pencarian bulanan sangat kompetitif!
Anda pasti akan menghadapi tantangan berat untuk mendapatkan konten Anda di halaman pertama untuk persyaratan ini.
Sebaliknya, kata kunci yang lebih panjang atau lebih spesifik (ekor panjang dan yang dikenal dengan istilah long-tail keyword), biasanya memiliki lebih sedikit pencarian dan kurang kompetitif.
Untuk mencari kata kunci tersebut, kalian bisa menggunakan KW Suggest dari Rifqi Mulyawan untuk mempercepat risetnya.
Selain itu, mereka juga cenderung lebih spesifik untuk bisnis Anda, dan karena itu menarik pembaca yang lebih relevan.
Saran Kami prdibadi, buatlah daftar kata kunci relevan yang bervariasi yang ingin Anda gunakan untuk artikel, dengan pencarian bulanan antara 10 (sepuluh) dan 50 (lima puluh) klik untuk memulai dan terkait pembahasan pengertian artikel SEO, kalian dapat mencoba memaksimalkannya dengan alat analisis SEO RM Digital.
2. Gunakan Keyword dengan Benar
Langkah membuat dan menulis konten artikel SEO-friendly berikutnya adalah dengan menggunakan keyword atau kata kunci dengan benar.
Ya! Anda dapat terlalu khawatir tentang penempatan kata kunci dalam artikel SEO.
Beberapa orang mengatakan Anda harus menggunakan kata kunci dengan tepat, X beberapa kali dan yang lain mengatakan itu harus merupakan 2% (persen) hingga 3% (persen) dari total jumlah kata artikel Anda.
Tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa ini benar-benar membuat perbedaan.
Yang penting adalah bahwa kata kunci Anda ditampilkan dalam judul artikel Anda, kemudian di beberapa titik di paragraf pertama dan terakhir, tetapi bahkan ini bukan aturan yang keras dan cepat.
Di beberapa artikel Anda dapat menggunakan kata kunci setengah lusin kali, dan di artikel lain hanya dua kali, saran Kami jadilah organik (dalam artian secara alami saja) dan jangan memaksakan masalah.
Yang terpenting lainnya adalah konten artikel SEO Anda relevan dengan kata kunci yang Anda pilih.
Jika Anda akan menggunakan kata kunci ide penanaman musim semi untuk tanah berpasir, pastikan artikel Anda benar-benar tentang ini.
Jangan menulis konten umum dan mencoba menyelipkan kata kunci secara sembunyi-sembunyi, karena ini tidak akan berhasil.
Bahkan jika Anda berhasil menipu Google, Anda tidak mungkin dapat menarik pembaca yang relevan dengan baik.
Juga, pastikan kata kunci Anda terbaca secara organik (alami).
Banyak istilah pencarian tidak cocok untuk replikasi langsung dalam kalimat.
Tidak apa-apa untuk mencampurnya sedikit sehingga masuk akal.
Ingat, bukan bot pencarian Google yang pada akhirnya akan membuat bisnis Anda tetap bertahan dan itu adalah pelanggan yang akan Anda tarik ke konten Anda, jadi jaga keramahan pengguna sebagai pertimbangan utama Anda saat menulis.
3. Buat dan Tulis Konten yang Bernilai (Valuable)
Tips cara membuat dan menulis artikel SEO ke-3 (tiga) yang akan Kami jelaskan di sini yaitu dengan membuat dan menulis konten atau artikel yang bernilai (valuable).
Ini adalah yang paling penting dari semua tips Kami.
Seperti yang kita ketahui, dunia internet penuh dengan sampah sehingga Anda benar-benar harus menulis sesuatu yang benar-benar bernilai agar dapat menonjol di Google.
Internet pada dasarnya adalah sarana untuk mengkomunikasikan informasi.
Ketika Anda melakukan riset kata kunci, Anda akan menyadari bahwa banyak dari kata kunci ekor panjang Anda adalah berbentuk pertanyaan.
Yup! Baik secara implisit atau eksplisit dan ini adalah kueri aktual yang diketik pelanggan target Anda ke Google saat mencari informasi.
Karena pada dasarnya, mereka akan mencari layanan lokal atau informasi tentang suatu masalah.
4. Perhatikan Panjang Konten Artikel
Tips cara terakhir yang akan Kami jelaskan di sini yaitu dengan memperhatikan panjang konten artikel.
Benar! Para profesional SEO telah menumpahkan banyak kata tentang berapa panjang artikel SEO seharusnya.
Karena tidak ada orang di luar Google yang benar-benar tahu cara kerja algoritme pencarian mereka, ini tentu melibatkan beberapa dugaan berdasarkan apa yang berhasil dan apa yang tidak, serta ini berubah seiring waktu.
Berbeda dengan dulu, blog yang lebih pendek dianggap lebih baik, yaitu sekitar 350 (tiga ratus lima puluh) hingga 400 (empat ratus) kata saja, tetapi sekarang tidak lagi demikian, di mana Google lebih menghargai konten otoritatif, jadi artikel yang paling diindeks biasanya panjangnya setidaknya mempunyai minimal 600 (enam ratus) kata.
Saran Kami pedoman yang paling penting adalah membuat artikel Anda dengan panjang yang sesuai untuk subjek yang Anda pilih.
Tidak ada gunanya mencoba memutar artikel Anda menjadi 800 (delapan ratus) kata yang tentunya bisa lebih baik tercakup dalam 400 (empat ratus) saja.
Menurut Rifqi, terkait hal ini, sekarang, khususnya di tahun 2022 saat ini, sebagian besar blog menerbitkan berbagai konten, dengan sekitar 700 (tujuh ratus) hingga 800 (delapan ratus) blog kata, dan lebih lama lagi, blog 1.000 (seribu) hingga 2000 (dua ribu) kata tercampur.
Blog yang lebih pendek juga dapat diterima sebagai bagian dari campuran konten yang seimbang, karena tidak semua orang memiliki waktu atau keinginan untuk menelusuri artikel blog yang panjang, terutama di beberapa sektor.
Tetapi jangan bergantung pada potongan pendek untuk memberi Anda peringkat tinggi di Google.
Yup! Anda perlu menunjukkan pengetahuan industri Anda untuk melakukan ini.
Kenapa Membuat, Memasukkan, dan Menulis Artikel yang SEO-Friendly itu Penting?
Baik, jadi kenapa membuat, memasukkan, dan menulis artikel yang SEO-friendly itu merupakan hal yang penting?
Pertanyaan ini mungkin sejenis seperti haruskah situs web seperti tempat cuci kendaraan memiliki blog?
Well, jika pemilik perusahaan ingin menarik orang ke situs web mereka, itu bisa menjadi pilihan untuk dipertimbangkan.
Dalam hal ini, artikel dapat ditulis untuk menarik orang yang melakukan penelitian tentang mencuci kendaraan mereka.
Jenis strategi ini dapat disesuaikan untuk semua jenis perusahaan, terlepas dari bidang yang dimaksud.
Mesin pencari seperti Google dan Bing menganalisis jutaan situs web untuk memberikan hasil pencarian yang sesuai dengan kebutuhan penggunanya.
Untuk menarik perhatian mereka sebagai pemilik situs web, praktik tertentu harus diterapkan.
Menambahkan konten yang dioptimalkan, seperti artikel, adalah teknik yang telah terbukti nilainya.
Lalu lintas yang diterima melalui artikel yang ramah SEO adalah referensi organik, yang menghasilkan hasil yang efisien dengan biaya yang kecil.
Penutup
Baiklah, di atas merupakan postingan tentang pengertian dari artikel seo, apa itu konten dan artikel seo-friendly? apa saja tips cara membuat, menulis, serta kenapa itu penting.
Terkait hal di atas, perlu diketahui bahwa banyak, bahkan hingga ratusan faktor berkontribusi untuk meningkatkan atau mempengaruhi optimasi mesin pencari situs web.
Ini termasuk melihat apakah orang menghabiskan waktu di situs web atau tidak, apakah mereka membaca artikel dan apakah mereka mengklik halaman lain.
Algoritme mampu mengukur masing-masing variabel ini dan memperhitungkannya dan ini adalah alasan lain untuk menunjukkan betapa pentingnya memasukkan konten yang menarik di halaman situs web.
Perlu juga dicatat bahwa menyertakan foto atau gambar di badan (bagian isi) artikel adalah aspek positif lainnya yang mesti kalian terapkan.
Kunjungi Situs Pada Image ini tuk mendapat Informasi.
Nantikan selalu update tentang informasi teknologi terbaru hanya di blog AWDEV Digital MARKETING Indonesia. Sekian dari Kami, terima kasih.